Saturday, April 6, 2013

Adil atau Tidak Adil ??

Jika Allah Maha baik kenapa membuat neraka???
 
Ini kisah nyata seorang gadis melayu islam yang dangkal ilmu pengetahuan tantang islam. Kerap kali pemerintah mengadakan pemeriksaan secara mendadak di toko-toko yang melanggar aturan tersebut maka dikenakan denda.
Selain kena denda pada pelanggaran pertama itu mereka memberikan nasehat-nasehat kepada para pelanggar agar mematuhi aturan yang ditetapkan.
Lazimnya dalam operasi seperti ini, seorang ustadz ditugaskan dengan para pegawai pihak berkuasa setempat. Tugasnya adalah untuk menyampaikan nasehat, karena hukuman dan denda saja tidak mampu memberi kesan yang mendalam.
Pada kejadian ditahun 2005 seorang gadis tertangkap yang bekerja disebuah toko perniagaan karena tidak menutp aurat. Maka diapun kena denda.
Setelah dia membayar denda Ustadz ini pun menasehati " setelah ini saya harap saudari bisa insaf dan mentaati peraturan.
Peraturan ini bukan semata dari aturan pemeintah setempat melainkan meutup aurat juga termasuk perintah Allah . Ringkasnya kalau kita taat segala perintahNya , pasti dia akan membalas dengan nikmat dan syurga. Kalau durhaka tidak taat perintahnya ,takut nanti belum sempat bertaubat bakal dapat azab dineraka Allah.
Gadis tersebut yang dari awal mendiamkan diri , tiba-tiba membentak "Kalau Tuhan itu betul-betul baik,kenapa buat neraka? Kenapa tidak sediakan syurga saja ? Seperti itukah Tuhan penyayang ? mugkin dari tadi gadis itu sudah panas telinga dinasehati oleh ustadz.
Ustadz itu tertunduk dan berfikir "bahaya anak ini kalu didiamkan akan rusak aqidahnya" ujarnya dalam hati.
Setelah habis gadis itu mengomel, ustadz itupun menjawab "Dek, kalaulah Tuhan tidak bikin neraka saya tidak jadi ustadz. Berapa rupiah, gaji seorang ustadz? lebih baik saya jadi juragan bandar judi yang gampang dapat uang. Hidup senang, lepas matipun tak risau sebab dijamin masuk surga. Mungkin kau juga bisa saya culik dan dijual jadi pelacur. Kalau kau mau lari, saya bunuh saja. Tak apa, sebab neraka tak ada. Nanti kita jumpa lagi disurga. Kan Tuhan itu baik?
Gadis itu terkejut mendengar penjelasan sang ustadz, bicara macam apa itu ?
"Perkara macam tadi akan akan terjadi seandainya surga saja yang tersedia. Orang jahat, orang baik semua masuk surga."
Maka apa guna jadi orang baik? Jadi orang jahat lebih seronok. Manusia tak lagi di uji, sebab semua orang akan lulus, percuma !
Pembunuh akan berjumpa dengan yang dibunuh dalam surga, perampok akan berjumpa dengan yang dirampok dalam surga. Tak ada yang menerima hukuman, sebab Tuhan itu baik.
Adakah Tuhan seperti ini yang kamu mau? kamu rasa adil kah ? tanya ustadz
Mana adil seperti itu. Orang jahat tak kan terlepas begitu saja,rungut si gadis kesal.
Ustadz tersenyum" bila Tuhan tak adil, bolehkah dianggap baik? Ustadz mengakhiri kata-katanya " Adik, saya kasih nasehat karena sayang sesama umat islam.Allah itu maha penyayang,tapi Dia juga maha adil karena itu neraka perlu terwujud untuk menghukum hamba-hambanya yang durhaka, yang menzalimi diri sendiri dan juga orang lain.
kita sedang diuji diatas dunia ini. Jasad kita bahkan sagala-galanya milik Allah, maka bukan hak kita untuk berpakaian sesuka hati kita.
Ingatlah semuanya dipinjamkan olehNya dan pasti akan diambil kembali oleh yang memberi pinjaman yaitu Allah swt.
Semoga kita dapat besabar dalam mentaati segal perintahnya untuk kebaikan kita di dunia dan akherat.
Note: Apakah semua teori agama Islam harus dijelaskan secara logika??  Itu sebetulnya bisa saja. Hanya, kebanyakan akal/pemikiran manusia sendiri yang belum bisa mencapainya. Itulah sebabnya kita harus beriman. Karna Allah lah yang Maha Mengetahui segala sesuatu.
 
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment